Game Online bukan sekedar “Game”


Hingga saat ini internet merupakan sarana yang menjadi sangat penting di kehidupan sehari-hari,mulai itu untuk email,chatting,penggunaan transaksi uang oleh bank,edukasi ebook maupun urusan game,nah game yang menggunakan internet disebut juga Game Online.

Game online bukan game yang interaksinya terbatas ruang & waktu,game online dapat menghubungkan manusia di ruang & waktu yang berbeda,di Indonesia sendiri sekarang ini jumlah game online official dari Negara korea banyak di rilis oleh pubisher di Indonesia,game-game online tersebut seperti Rising Force,Crazy Kart,Lineage II dan lain-lain

Contoh game online pertama yang ada di Indonesia adalah Nexia rilis tahun 2001 di Indonesia :

Nexia Online

Nexia Online

(Nexia Online)

Nexia merupakan game online berkategori RPG keluaran Bolehgame,Nexia adalah game online pertama di Indonesia yang rilis pada bulan maret tahun 2001,grafisnya sangat sederhana,berbasis 2D,sehingga  dapat di mainkan di computer-komputer  berspek rendah,walaupun game ini grafisnya sangat sederhana,tapi karena kemampuannya yang online dan minimnya pesaing,Nexia laris manis di zamannya.

Screenshot Aion

Screenshot Aion

(Aion Online)

Aion Online merupakan game yang tercanggih dengan grafis yang indah yang sudah rilis di Luar dan dalam negeri,dibuat oleh NCSoft yang berasal dari Korea,peminatnya sangat banyak,terlihat dari banyaknya privater server dalam dan luar negeri yang mengadakan Aion Online ini,didukung dengan “Cry Engine” mesin grafis tinggi game-game saat ini,membuat game ini sungguh menarik dipandang mata,dan programmer-programmer pintar korea membuat Aion dengan system yang unik & menarik.

Menjadikan Aion online belum terkalahkan rating gamenya di Korea dan banyak Negara lainnya,sayangnya di Indonesia sendiri belum ada Official Aion resminya,baru saja ada private servernya seperti Indogamers Aion & Maxi Aion.

Dari 2 game di atas terlihat sekali bahwa kemajuan game online sangat sangat pesat,dari 2D yang sangat sederhana hingga 3D dengan grafis yang indah dan real,namun dibalik keindahan dan keasyikkan bermain game online,terdapat beberapa bahaya bermain game tersebut ! Karena terdapat laporan berita di Korea,bahwa seorang bayi berusia 3 bulan meninggal dunia akibat kekurangan gizi,diduga karena tidak perhatian kedua orang tuanya yang habis untuk memainkan game online.Orang tuanya dilaporkan terlalu sibuk bermain game online yang disebut Prius Online,permainan yang berlangsung selama 12jam untuk setiap sesinya.Bahkan ada laporan berkala tentang orang yang meninggal setelah berlebihan bermain game online,dan bahkan melacak geng tim yang mengalahkan mereka di game online dan menyerang mereka.

Bahkan di Indonesia Game Online menempati Peringkat Ke 5 aplikasi internet yang paling banyak digunakan di Indonesia setelah email, Internet Messenger, situs jejaring sosial dan search engine, Ada 51 persen pengguna Internet di Indonesia yang mengakses situs game online.

Itulah alasan kenapa banyaknya Warnet Game Online ada di mana-mana seperti jamur,game online merupakan sebuah pangsa pasar bisini yang besar di Indonesia.

By : Aldy Pranata (2IA12)

This entry was posted in 2IA12 - Tulisan, Tekno. Bookmark the permalink.

6 Responses to Game Online bukan sekedar “Game”

  1. aldypranata says:

    Game online udah jadi budaya masyarakat bukan sekedar game lagi !
    Bisa menjadi social network jg !
    Keren emg ,game online no 1

  2. lick-i bedeng says:

    bener gan! game OL juga termaksud situs sosial!
    tp ad negatif y jg gan!
    – lupa waktu (kaya ane)
    – lupa tugas
    – kurang tidur
    – nguluarin banyak duit (sewa warnet n voucer game)
    – perjudian n penipuan (mau beli senjata ++ malah di kasi yg normal! sedangkan duit dah di kirim gan)

    positif y

    + banyak tmen
    + ngilangin BT (bau tai) hehehehe (^.^)V
    + ngilangis stres

  3. nurul says:

    beuh, asek memang maen game OL. bener, bisa jadi social network juga. tp ya itu, pasti da pengaruh negatifnya. yg penting kalo lg maen game OL mesti inget waktu. jangan pe gara2 game OL diri sendiri gak keurus, apalagi kasus yg anak pe mninggal karena ortunya keasyikan game OL, parah banget. naudzubilah. jangan pe kayak gitu dah…
    sep, lanjutkan!!!!!

  4. Nu-Nu says:

    Game Online membuat kita lebih senang, dan mengurangkan beban2 pikiran😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s